Bentuk dan susunan dari trasnmisi bermacam – macam tergantung pada jenis kendarannya . Pada umumnya transmisi terdiri dari bagian – bagian sebagai berikut :
Clutch Housing
Transmission Case
Input Shaft
Counter Shaft dan Counter Gear
Output Shaft dan Gear
Reverse Gear
Gear Shift Mechanism
Extention Housing
SHAFT GEAR
Seperti diperlihatkan pada gambar transmisi
disebelah kanan adalah saat poros ( shaft ) Dan roda gigi ( gear ) dikeluarkan dari rumah transmisi . Ujung depan input shaft dan out put shaft tersusun segaris , pada jenis transmisi FR . Umumnya tenaga kombinasi roda gigi dipin- dahkan dari input shaft ke poros gigi counter dan roda gigi counter berkaitan tetap dengan roda gigi pasangan nya pada output shaft . |
( mesin depan , penggerak depan )
Transmisi jenis FF yang digabung menjadi satu dengan differensial biasa disebut transaxle . Transaxle mempunyai bagian – bagian utama sebagi berikut :
Transaxle
Transmission Case
Input Shaft and gears
Outpput shaft and gears
Transmission case cover
Gear Shift Mechanism
Defferensial assembly
TRANSAXLE C 50
Mekanisme bagian dalam transmisi tipe FF hampir sama dengan trasmisi tipe FR . Seperti terlihat pada gambar di bawah transmisi tipe FF tidak mempunyai poros roda gigi counter ( counter gear shaft ) dan poros outputnya langsung menggerakkan differensial . Tidak seperti halnya pada transmisi tipe FR , bagian ujung depan poros input tidak dihubungkan melalui bearing ke ujung belakang dari pada poros engkol .
Transaxle dilumasi dengan oli roda gigi , oli roda gigi hypoid , minyak transmisi otomatis dan lin – lainnya , dan penggunakan pelumas yang baik harus disesuaikan dengan jenis transmisi atau mekaninisnya .
Sebelum menambah atau mengganti oli / minyak transmisi , lihatlah pada pedoman reperasi , SDS , atau pedoman pemilik .
2. MEKANISME PENGONTROL PEMINDAH RODA GIGI
Meknisme pengontrol roda gigi ( gear shit control mechnism ) ada dua tipe :
- Tipe remote control
- Tipe direct control
Pada tipe ini transmisi terpisah dari tuas pemindah ( shift lever ) yang dioperasikan oleh pengemudi . Dua bagian ini dihubungkan oleh tangkai , kabel – kabel dan sebagainya .
Tuas pemindah terletak di steering column ( column shift type ) pada beberapa kendaraan tipe FR atau terletak pada lantai ( Floor Shift Type ) terdapat pada kendaraan tipe FF .
Untuk mencegah getaran dan bunyi mesin langsung ke tuas pemindah maka digunakan insulator – insulator karet .
( 1 ) Tipe Column Shift
( 2 ) Tipe Floor Shift
TIPE PENGONTROL LANGSUNG ( direct control )
Pada mechanisme pengontrol pemindah gigi tipe ini , tuas pemindah terletak langsung pada transmisi . Tipe ini umumnya digunakan pada kendaraan tipe FR dan mempunyai keuntungan jika dibanding tipe remote control , yaitu :
- Posisi pemindah dapat diketahui lebih mudah
- Pemindahan gigi lebih cepat
- Pemindahan lebih lembut & mudah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar