spesifikasi

Rabu, 02 Maret 2016

TRANSMISI UNTUK KENDARAAN FR ( mesin penggerak belakang )

Bentuk dan susunan  dari trasnmisi  bermacam – macam  tergantung  pada jenis kendarannya .  Pada umumnya transmisi terdiri dari bagian – bagian sebagai berikut :
Clutch  Housing
Transmission Case
Input Shaft
Counter Shaft dan Counter Gear
Output Shaft dan Gear
Reverse  Gear
Gear  Shift  Mechanism
Extention Housing




SHAFT  GEAR

Seperti diperlihatkan  pada gambar transmisi disebelah kanan adalah saat poros ( shaft )
Dan roda gigi ( gear )  dikeluarkan dari rumah
transmisi  .  Ujung depan input shaft   dan
out put shaft tersusun  segaris  , pada jenis
transmisi  FR .
Umumnya tenaga kombinasi roda gigi  dipin-
dahkan  dari input  shaft ke poros gigi counter
dan roda gigi counter berkaitan tetap dengan
roda gigi pasangan nya pada output shaft .

1.   TRANSMISI  UNTUK KENDARAAN  FF
       (  mesin depan , penggerak depan )
Transmisi jenis FF yang digabung menjadi satu dengan differensial  biasa disebut transaxle  .  Transaxle  mempunyai bagian – bagian  utama sebagi berikut  :
Transaxle
Transmission Case
Input Shaft  and  gears
Outpput shaft  and gears
Transmission case cover
Gear Shift Mechanism
Defferensial  assembly
TRANSAXLE   C 50

SHAFT DAN GEAR 

Mekanisme bagian  dalam transmisi tipe FF hampir sama dengan trasmisi tipe FR .  Seperti terlihat pada gambar di bawah transmisi  tipe  FF tidak mempunyai poros  roda gigi counter ( counter gear  shaft ) dan poros outputnya  langsung menggerakkan differensial .  Tidak seperti halnya  pada transmisi  tipe FR ,  bagian ujung  depan  poros input tidak dihubungkan melalui bearing  ke ujung belakang dari pada poros engkol .
Penting  !

Transaxle dilumasi dengan oli roda  gigi , oli roda gigi hypoid , minyak transmisi  otomatis  dan lin – lainnya , dan penggunakan   pelumas yang baik harus  disesuaikan dengan jenis  transmisi  atau mekaninisnya .
Sebelum menambah atau mengganti oli / minyak transmisi , lihatlah pada pedoman reperasi , SDS , atau pedoman pemilik .

2.   MEKANISME PENGONTROL  PEMINDAH RODA GIGI

Meknisme pengontrol roda gigi ( gear shit control mechnism )  ada dua tipe  :
  • Tipe remote control
  • Tipe direct control
TIPE REMOTE CONTROL

Pada tipe  ini transmisi  terpisah dari tuas  pemindah ( shift lever ) yang dioperasikan  oleh pengemudi  .  Dua bagian ini dihubungkan  oleh tangkai , kabel – kabel  dan sebagainya .
Tuas pemindah terletak  di steering column  ( column shift  type )  pada beberapa  kendaraan tipe  FR  atau terletak pada lantai ( Floor Shift Type )  terdapat pada kendaraan tipe FF .
Untuk mencegah getaran dan bunyi mesin langsung ke tuas pemindah maka digunakan insulator – insulator karet .
( 1 )    Tipe Column Shift












 ( 2 )    Tipe Floor Shift


TIPE PENGONTROL LANGSUNG ( direct control )

Pada mechanisme  pengontrol pemindah gigi tipe ini , tuas pemindah terletak langsung pada transmisi .  Tipe ini umumnya digunakan pada kendaraan tipe  FR dan mempunyai keuntungan jika dibanding tipe remote control , yaitu :
  • Posisi pemindah dapat diketahui lebih mudah
  • Pemindahan gigi  lebih cepat
  • Pemindahan lebih lembut & mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar